Monica Lumban Tobing

MONICA LUMBAN TOBING
STKIP SANTA MARIA SIBOLGA

Selasa, 24 Januari 2012

Keragaman Suku Bangsa dan Budaya (IPS SD Kelas IV/I)

  Keragaman Suku Bangsa dan Budaya

Budaya masyarakat merupakan segala tata cara kehidupan masyarakat sehari-hari. Budaya masyarakatdapat berupa cara berpakaian, cara bercocok tanam, atau cara bergaul antar anggota masyarakat. Masing-masing budaya merupakan kebiasaan luhur yangdijunjung tinggi dan dihormati oleh para pengikutnya. Dengan demikian, tidak perlu ada anggapan bahwa budaya tertentu lebih tinggi daripada budaya lainnya. Keanekaragaman budaya merupakan salah satu kekayaan bangsa yang haru dilestarikan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama.
1. Pentingnya Persatuan dan Kesatuan dalam Keragaman
Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Inilah ungkapan pejuang kita sebelum Indonesia merdeka. Para pejuang bertekad, dengan persatuan mereka dapat melawan penjajah dan merebut kemerdekaan. Keragaman suku, budaya, dan agama tidak boleh menimbulkan perpecahan diantara warga. Keragamantersebut justru harus membuat kita bersatu sebagai bangsa Indonesia yang kaya budaya. Kita harus tetap bersatu agar dapat disegani oleh negara lain.
Ibarat lidi, jika dijadikan satu ikatan, maka lidi tersebut akan menjadi kuat dan dapat digunakan untuk berbagai masam keperluan. Misalnya, dipergunakan untuk menyapu dan membersihkan tempat tidur. Tetapi kalau hanya satu atau dua batang, lidi tersebut akan mudah patah dan tidak banyak kegunaannya. Jika kita hidup sendiri, maka kita lebih mudah dikalahkan.
2. Bentuk-Bentuk Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
  • Senjata Khas
Tiap-tiap daerah maupun provinsi memiliki senjata khas daerah  yang berbeda-beda. Perbedaan senjata khas daerah tersebut menunjukkan kekayaan budaya di negeri kita. Misalnya senjata khas dari daerah Jawa ada keris, di Aceh ada rencong, di Jawa Timur dan Madura ada clurit, di Jawa Barat ada kujang, di suku Dayak ada mandau, dan di Papua ada panah.
  • Lagu Daerah
Berbagai macam lagu daerah di Indonesia memiliki arti masing-masing. Beberapa contoh judul lagu dan daerah asalnya.
No
Judul Lagu
Daerah Asal
1
Kicir-kicir dan Jali-jali DKI Jakarta
2
Sinanggar Tulo Sumatera Utara
3
Gambang Suling Jawa Tengah
4
Ampar-ampar pisang Kalimantan Selatan
5
Apuse Irian Jaya
3. Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Coba kita renungkan betapa beragamnya budaya yang ada di Indonesia. Hal ini karena setiap suku memiliki budaya sendiri. Meskipun demikian, sebagai warga negara Indonesia kita harus menghargai keragaman itu. Keunikan di tiap suku merupakan kekayaan budaya bangsa.
Bagaimana kita menghargai budaya suku lain? Kita bisa memberikan sikap positif terhadap suku lain. Misalnya, tidak menonjolkan suku sendiri, tidak menjelek-jelekkan suku lain, dan tetap mau bergaul dengan teman lain suku. Jika setiap orang saling menghargai suku lain, tentu bangsa Indonesia bisa terus bersatu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar